Tuesday, March 3, 2009

GANJA,,KAWAN atau LAWAN?



Hai, pembaca yang budiman,sudah lama sekali saya ingin memposting artikel tentang ini sejak belum mengenal internet saya juga sudah punya angan2 untuk bertukar pikiran tentang barang yang katanya bikin orang seakan disorga,akhirnya setelah membaca berbagai artikel dan bekas keiklhasan teman saya LOVER akhirnya saya sekarang bisa mempostingnya..

apakah Anda saat ini sedang memiliki dilema tentang ganja  seperti saya? Mungkin Anda atau teman Anda saat ini sedang terjerumus dalam kenikmatan ganja ? Atau mungkin baru akan terjerumus alias Anda sedang berdiri di pinggir jurang nan terjal ? Kalau jawabannya adalah IYA, maka Anda sedang membuka blog yang tepat. Namun, jika jawabannya TIDAK, maka pasti Anda sedang tidak ada kerjaan membuka blog ini. Tapi itu lebih baik, daripada Anda membuka website lain yang sudah diblokir. Hehe..


Jika Anda membaca di situs-situs internet, tanaman ganja atau sejenisnya (misalnya : ganja) sekarang sedang ramai dipergunjingkan. Masalah utama yang dibahas adalah apakah ganja memiliki kegunaan positif atau tidak? Berbahaya atau tidak ? Dan kalau pun memiliki kegunaan positif, apakah ganja bisa dilegalkan di Indonesia, negara kita tercinta ini.

Banyak pro dan kontra dalam membicarakan masalah ganja ini. Ada yang pro bahwa ganja banyak memiliki kegunaan positif dan di lain pihak, banyak kalangan yang kontra dengan ganja dan memiliki paradigma bahwa ganja berefek sangat negatif. Di Indonesia, ganja digolongkan dalam golongan 1 alias zat yang paling berbahaya seperti yang tertulis dalam UU no 22 tahun 97 (jangan sekali-sekali Anda membuka buku UU ini, kalau memang Anda tidak memilikinya).

Nah, dari artikel-artikel yang didapat dari internet, kami mencoba menyusunnya menjadi suatu bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang memikirkan do’i (ganja) atau hanya sekedar penambah wawasan bagi para pembaca yang budiman, terlepas dari segala paradigma Anda tentang ganja.

Sebelum Anda membaca artikel, mungkin Anda bingung menentukan sikap. Namun, kami yakin bahwa dengan Anda membaca ini, maka Anda akan semakin bingung (walaupun kami tidak mengharapkan itu).

Jadi, supaya Anda memahami artikel ini dengan baik, maka bacalah artikel ini dengan pikiran yang sehat, hati yang bersih, dan jiwa yang teguh. Namun, hal ini tidak berlaku bila TANGAN KANAN ANDA SEDANG MENJEPIT SELINTING GANJA.

Di bawah ini, kami uraikan manfaat positif dan negatif ganja. Silakan menikmatinya.


A. MANFAAT POSITIF GANJA

Ganja, ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat diambil. Selama ini, ganja hanya dikenal karena penyalahgunaannya (abuse) yaitu dengan menghisap daun ganja kering saja. Padahal, ganja memiliki banyak kegunaan mulai dari akar, pohon, dahan, ranting hingga daun yang dapat diolah menjadi tas, souvenir, obat dan aneka fungsi lain.

Menurut informasi dari dunia maya, ganja memiliki potensi medis dalam pengobatan. Selain untuk meringankan rasa sakit, obat-obatan dari ganja juga digunakan untuk menambah nafsu makan bagi penderita anorexia, dan untuk melawan efek samping kemoterapi pada penderita kanker.

Setelah mengadakan seminar pada 2 Juni 2007 lalu, Indonesia National Institute on Drug Abuse (INIDA) menemukan efek positif dari penggunaan ganja berdasarkan beberapa riset di berbagai negara yang telah melegalkan penggunaan ganja.

Di dalam tanaman ganja, terdapat suatu zat yang disebut Tetrahydrocannabinol (THC). Sosiolog Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta, Irwanto menyatakan THC merupakan salah satu zat yang dapat menghilangkan rasa sakit, misalnya pada penderita glukoma. THC memiliki efek analgesik, yang dalam dosis rendahnya saja bisa bikin “tinggi”. Bila kadar THC diperkaya, bisa menjadi lebih potensial untuk tujuan pengobatan. Selain itu di dalam masyarakat tradisonal, opium, cocaina, dan ganja, dipakai sebagai obat herbal. Di masyarakat Aceh, ganja digunakan sebagai penyedap masakan. Tanaman ganja yang selama ini lekat dengan nilai negatif justru mempunyai lebih banyak nilai positif sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Senyawa bernama delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) ini melawan penyakit pembuluh darah atherosclerosis pada tikus. Atherosclerosis muncul bila adanya masalah pada pembuluh darah - misalnya akibat nikotin pada rokok - menyebabkan munculnya reaksi kekebalan dari tubuh yang memicu penimbunan lemak di pembuluh arteri.

Kepala Bidang Riset Indonesian National Institute on Drug Abuse (Inida), Tomi Hardjatno di Jakarta, Kamis mengatakan, ganja selama ini lekat dengan nilai negatif karena tidak ada upaya untuk mengembangkan ke arah positif.

Selama ini, sesuai dengan kriminalisasi penggunanya, ganja berkonotasi buruk. Menurut Tomi, ganja harus dilihat secara proporsional, jangan langsung dibasmi. Harus kita lihat apakah ganja seburuk yang digambarkan. Secara umum ganja tidak menimbulkan ketagihan (withdrawal) seperti halnya morfin. Bila seorang pecandu morfin memutuskan untuk berhenti, dia akan merasakan rasa sakit di tubuh, lazim disebut sakaw. Dari studi literatur, jelas Tomi, ganja hampir sama dengan rokok. Ganja tidak pernah menimbulkan overdosis dan tidak menimbulkan sifat agresif. “Tetapi semua itu harus dibuktikan lewat penelitian” pungkasnya.


NAH, para pembaca yang budiman, sekarang Anda sudah tahu manfaat positif ganja. NAMUN, MENGAPA GANJA DILARANG DI INDONESIA ??? Untuk mengetahuinya, silakan Anda membaca terus halaman ini sampai habis. Ingat !!! Harus sampai habis. Karena kalau tidak, kami tidak bertanggung jawab atas efek-efek yang tidak diharapkan.


B. MANFAAT NEGATIF GANJA

Dalam penelitian meta analisis yang dilakukan para ahli dari Universitas Cardiff dan Universitas Bristol, Inggris, terungkap adanya kaitan antara pencandu ganja dengan meningkatkan risiko schizophrenia, yakni adanya peningkatan gejala seperti paranoid, mendengar suara-suara dan melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Selain faktor kecanduan ganja, para ahli juga mempertimbangkan faktor adanya kelainan jiwa, seperti depresi.

THC diduga memiliki sifat menurunkan reaksi kekebalan, menurut Fran├žois Mach dari University Hospital Jenewa, Swiss. Senyawa itu mengikat protein yang disebut CB2 yang ada di permukaan sel-sel kekebalan tubuh.Dikatakan para peneliti, keuntungan penggunaan THC bagi penderita atherosclerosis hanya didapatkan dalam dosis tertentu saja. Pada dosis yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, THC tidak memiliki efek pengobatan bagi penyumbatan pembuluh darah. Ini serupa dengan manfaat minuman anggur untuk mencegah serangan jantung, dimana segelas Bordeaux bisa mengurangi resiko, namun meminumnya dalam jumlah terlalu banyak justru akan meningkatkan resiko.

THC juga mengikat reseptor anandamide dan menekan kegiatan pada hipokampus, daerah otak yang terutama dipakai untuk belajar, ingatan dan emosi. Penelitian menunjukkan bahwa perilaku yang dipelajari dirusak oleh penggunaan ganja. Ini mengambil wujud kesulitan dalam perhatian, daya ingat dan belajar–semua dirusak pada para mahasiswa yang memakai banyak ganja, bahkan setelah mereka berhenti memakainya selama 24 jam.

Efek ganja yang terberat adalah di otak. Kerusakan otak yang terjadi merupakan kerusakan yang irreversible atau tak dapat diubah. Efek ganja di otak tergantung dari lama, jumlah dan cara pemakaian. Efek yang terjadi ialah euforia, rasa santai, mengantuk dan berkurangnya interaksi sosial. Pada kasus-kasus keracunan (pemakaian dalam jumlah sangat banyak) dapat muncul perasaan curiga yang berlebihan (paranoid), halusinasi visual. Sepanjang pengetahuan kami, sampai saat ini belum ada teknik transplantasi untuk menggantikan bagian-bagian otak yang telah rusak.

Menurut Tomi, karena sifatnya sebagai halusinogen dan dapat menimbulkan euforia, efek negatif ganja adalah membuat orang menjadi malas. Efek paling buruk dari ganja karena menjadikan reaksi pemakai lebih lambat, dan peganja cenderung kurang waspada.

Pemakai ganja mudah kehilangan konsentrasi,denyut nadi cenderung meningkat, keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi buruk, ketakutan, mudah panik, depresi, kebingungan dan berhalusinasi. Dampak fisik lain, dalam paru, ganja membuat banyak dampak pada kesehatan seperti asap tembakau-batuk harian, dahak, bronkitis dan kerentanan yang lebih tinggi terhadap selesma dahak. Pemakaian ganja jangka panjang merusak paru.

Karena penghisap ganja menghirup dan menahan asap dalam-dalam di paru-paru, tampaknya mereka terpejan pada tingkat karbon monoksida tiga sampai lima kali lebih tinggi daripada penghisap tembakau. Ganja meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Seperti hampir semua narkoba, ganja tidak baik pada kehamilan. Penggunaan ganja oleh wanita hamil meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan lebih rentan terhadap beberapa masalah kesehatan.

Ibu menyusui yang menghisap ganja menyebarkan THC pada bayinya melalui ASI, dengan risiko pada pengembangan gerak si bayi. Anak-anak yang menghisap ganja secara pasif menunjukkan lebih banyak tabiat yang buruk, pengisapan ibu jari, dan kemarahan dibanding anak yang tidak terpajan.



NAH, APA YANG ANDA RASAKAN, PIKIRKAN, DAN ANDA LAKUKAN SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI ??? Apakah Anda masih menjepit selinting ganja ? Atau, sekarang Anda langsung berlari menjauh dari………rumah menuju rumah bandar ganja ? Atau, Anda langsung berhenti seketika dan tidak lagi mengkonsumsinya ?

You have your own life. Hidup Anda adalah hidup Anda. Maka, Andalah yang menentukan sikap terhadap hidup Anda. Anda mau memakai ganja atau tidak, itu terserah Anda. Artikel ini hanya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda maupun hanya sebagai pengisi waktu luang Anda (sekali lagi, daripada membuka situs yang sudah diblokir).

Ganja bisa menjadi kawan dan lawan. Tinggal bagaimana tingkat kedewasaan dan tanggung jawab kita dalam menyikapinya.

Semoga, artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Namun, jika ada kelebihannya, mohon dikembalikan.
salam manis buat lover

11 comments:

lover March 3, 2009 at 9:01 AM  

bos...mantab sekali. please .... maju terus.

They also call me Moli April 3, 2009 at 8:11 AM  

Wew berarti, caleg dari salah satu partai yang berniat memperjuangkan kelegalan ganja belum cermat betul menganalisis dampak yah! mungkin beliau perlu melihat blog ini! salam

Danil March 2, 2010 at 10:10 PM  

Moga- Moga ganja bisa di legalkan juga di indonesia
kan di jual mahal jadi bisa kita exsport ke negara2 luar juga dapat mengurangi tingkat kemiskinan di indonesia

Guidance Counseling April 8, 2010 at 11:49 PM  

Menurut saya,, Ganja dapat dilegalkan untuk hal2 y positif seperti, untuk obat2 (Medis), Pembuatan bahan Teksti, dll y dapat mendukung perekonomian Indonesia saat ini..
Saya juga pernah membaca bahwa 1 H ladang Ganja dapat mengantikan 4 H Kayu penghasil kertas atau bahan tekstil lainnya...
jd,, tunggu apa lagi???

ya klo untuk dihisap memang tidak baik,, jangan kan ganja...
efek negatif perokok Aktif hampir sama dengan dengan pemakai Ganja..
bahkan rokok tidak memiliki hal positiF...
mengapa dapat dilegalkan???

Kesimpulan : Segala hal y dipergunakan untuk hal y baik maka akan baik pula hasilnya...

Tq...
Aneuk Atjeh...

ride_one BlacK_JuanA June 6, 2010 at 1:25 AM  

waw Menurut saya ganja lebih baik di legalkan diinonesia...
lagian ganja bnyak mengandung hal2 positive..
umumnya pengguna ganja bnyak yg cinta damai...
ganja jga tidak mmbuat penggunannya kecanduan...
ya g khannnnnn

indoganja July 8, 2010 at 8:11 AM  

update boss, sekarang UU narkotika no.35 tahun 2009. nice blog :)

fery sunarya August 18, 2010 at 11:11 AM  

salam rasta mania.
wah bagus artikelnya bro......
mampir ke blog saya www.ferysunarya.blogspot.com artikel ganja dan comentari

Rasta August 25, 2010 at 11:12 PM  

setuju untuk dilegalkan..!!
karna banyak alasan yang positif yang bisa diambil.
setiap helai dari bagian pohon ganja dapat dimanfaatkan dengan baik.
...............
thx.

Yohanes May 5, 2011 at 6:07 AM  

knapa harus ganja..banyak tanaman lain di indonesia yg bermanfaat, tp gak pernah mau memanfaatkan (mgkn gara2 ga bisa nyenengin anak muda kali ya). Apalagi ganja, saya brani taruhan, manfaat positif ganja pasti sangat sdikit diambil, tapi malah ganjanya akan bnyak disalahgunakan, rokok dicampur ganja, boker ngisep ganja bahkan tidur mpe ngimpi ganja. Wah..parah bgt, so jadinya mata sayu, ngomong ngelantur, pinginnya marah trus, bikin rusuh negera, coz di otaknya cuma satu.."tuuu la littt tu la litt..

Ariez Mavud July 23, 2012 at 6:36 PM  

Mau ikut nyumbang referensi berargumen dalam topik yang menarik ini :

Ganja itu misteri setuju gak?
kasusnya banyak para pembukti kasus efek positif dan negatif bahkan hanya sejumlah kelompok yg belum pernah merasakan berganja hanya menyimpulkan berita yg sulit di nalar , karena sama sekali belum pernah memakai ganja !! coba dulu baru berkomentar , lagian sampai saat ini belum pernah ada kasus mati karena gara2 baru pertama pakai ganja .. jadi biar orang itu merasakannya terlebih dulu dan menilai sendiri "oh ganja tuh kayak gini" biar diri sendiri yang menjawab , faktor sugesti berperan penting dalam hal ini. berfikir lah .. kita diciptakan didunia ini dilengkapi dengan mempunyai akal dan fikiran , kenapa tidak di pergunakan!!... jadilah org yang peka dan kritis .. karena informasi yg masuk lewat panca indera kita , baik visual , pendegaran dan perasaan akan kita cerna maksimal dan se filosofis mungkin , itulah sesungguhnya dalam saat keaadaan ini pasti banyak banyak orang yg lupa kontrol sehingga kalian menjadi salah satu contoh efek yg negatif .. memaksimalkan otak kanan untuk berfikir adalah hal dimana kita untuk mencari tahu segalanya sesuatu yg terjadi lewat perjalan spiritual !! *bayangkan ..

Agama hanya melarang menggunakan sesuatu secara berlebihan itu tidak baik .. (makruh hukumnya) .. apabila digunakan secara pas pasti mantab hasilnya , inget semua hal yg di ciptakan Nya pasti ada manfaatnya , begitu juga sebaliknya .
so teruslah berkembang dengan atau tanpa ganja .. maksimalkan potensi diri dan terus belajar atau berkarir , jangan pantang menyerah , sesungguhnya seuatu keberhasilan itu dalam segi apapun diri sendirilah senjatanya , maka berhati-hati dalam mencari menjalankan misinya ...

*dukung diri sendiri untuk mengatur semuanya ....... !!!!@#$%$#@^&*&*

PAK SOLIHIN DI MEDANG December 28, 2014 at 7:23 AM  

saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI













saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

Recent Coment

Recent Post

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP