Thursday, February 19, 2009

KUNJUNGAN MENLU AS DISAMBUT SEPERTI KEPALA NEGARA


JAKARTA - MenteriLuar Negeri Amerika Serikat () Hillary Rodham Clinton betul-betul memaksimalkan kunjungannya pada hari kedua di Indonesia. Meski waktunya hanya sampai tengah hari, mantan senator New York itu punya tiga agenda.
AS


Pagi, dia menjadi bintang tamu sebuah acara musik di sebuah stasiun televisi swasta. Dalam acara tersebut, mantan First Lady AS itu terlihat berbincang akrab di tengah-tengah artis ibu kota.

Setelah itu, Hillary mengadakan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Rombongan Hillary yang tiba di Kantor Presiden pukul 10.00 disambut secara istimewa. Iring-iringan kendaraan Hillary yang berjumlah 12 mobil masuk ke halaman dalam istana melalui gerbang Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, layaknya kepala negara.
diterima di Istana Merdeka, Hillary cukup diterima di Kantor Presiden di antara Istana Negara dan Istana Merdeka. Mobil BMW milik Kedubes AS yang membawa Hillary berhenti tepat di depan teras Kantor Presiden. Begitu turun dari mobil, SBY langsung menyambut dengan semringah.

Hillary yang mengenakan pakaian biru tua itu diterima SBY yang mengenakan setelan jas hitam dipadu dasi biru terang. Dalam pertemuan selama 45 menit tersebut, SBY didampingi Menko Polhukam Widodo A.S., Menko Kesra Aburizal Bakrie, Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Mensesneg Hatta Radjasa, serta Seskab Sudi Silalahi. Hillary didampingi Dubes AS di Indonesia Cameron Hume.
Perbedaannya, kalau tamu kepala negara

Juru Bicara Presiden Dino Patti Djalal menyatakan, SBY menilai pertemuan dengan Hillary sangat wonderful dan productive. Dalam pertemuan tersebut, SBY menekankan pentingnya membangun kemitraan komprehensif antara Indonesia dengan AS. Saat berkunjung ke Washington DC pada Desember lalu, SBY juga menyatakan pentingnya dieksplorasi kemungkinan Indonesia dan AS membangun kemitraan strategis.

Menurut Dino, dalam pertemuan tersebut, Hillary banyak memuji demokrasi di Indonesia. Bagi Hillary, Indonesia adalah model bagaimana Islam, demokrasi, modernitas, dan hak-hak perempuan tumbuh bersamaan secara harmonis. Bahkan, dia mengakui bahwa AS sebagai negara demokrasi juga perlu belajar banyak dari Indonesia.

''Menlu Hillary Clinton menjelaskan, kebijakan politik luar negeri AS sekarang adalah banyak mendengar daripada berbicara. Be a good listener,'' katanya saat konferensi pers setelah pertemuan SBY-Hillary di Kantor Presiden kemarin.

Pembicaraan Hillary dan SBY terdiri atas tiga cluster isu. Yakni, masalah bilateral, regional, dan internasional. Tentang hubungan bilateral, dibicarakan perlunya menjaga momentum kerja sama ekonomi kedua negara. Perdagangan Indonesia-AS tahun lalu mencapai USD 20,1 miliar dengan investasi USD 10,6 miliar atau peringkat ke-13 dari daftar investor di tanah air.

Selain itu, SBY menekankan peningkatan kerja sama di bidang pendidikan. ''Presiden berharap lebih banyak orang Indonesia belajar ke AS,'' ujarnya.

Untuk isu regional, SBY menyatakan perlunya AS mengambil peran leadership dalam masyarakat internasional untuk menghasilkan konsensus global baru menjelang COP 15 tentang climate change yang diadakan di Denmark, Desember tahun ini.

Masalah konflik Israel-Palestina juga menjadi salah satu isu. SBY menuturkan, gencatan senjata saat ini masih labil, sehingga perlu dibuat secara berkesinambungan. Posisi Indonesia adalah mendukung two state solutions, yakni Israel dan Palestina bisa hidup berdampingan sebagai dua negara secara damai.

Di sela pertemuan, SBY kembali menegaskan undangannya kepada Presiden AS Barack Hussein Obama untuk datang ke Indonesia. Pemerintah menjamin mantan siswa SDN 01 Menteng itu bakal mendapat sambutan hangat. ''Presiden menyatakan, jika datang ke Indonesia, Obama akan disambut rakyat Indonesia dengan hangat dan penuh kegembiraan. Obama kan anak Menteng,'' ujar Dino.

Terbang ke Korsel

Setelah bertemu SBY, Hillary mendatangi fasilitas mandi cuci kakus (MCK) plus-plus di daerah Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Pukul 13.10, iring-iringan mobil Hillary tiba di halaman SMP 39 Petojo. Ratusan aparat keamanan, baik dari tim Secret Service maupun kepolisian, langsung membuka jalan.

''Apa yang membuat saya datang ke sini? Hmm karena selama di sini (Indonesia) saya lebih memprioritaskan diplomasi people to people dibanding diplomasi antarnegara,'' ujar Hillary lantas tersenyum.

Dalam kunjungan tersebut, dia menyaksikan langsung proyek kakus canggih yang didanai USAID.

Tak hanya melihat bangunan, dia juga blusukan ke dalam WC umum yang dibangun di tepi sungai di perkampungan padat penduduk tersebut. Puluhan warga Petojo tampak berkerumun di sekitar MCK plus-plus. Mereka berjubel menyaksikan dari dekat istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu.

Uniknya, sempat ada beberapa warga yang berteriak dengan semangat. ''Welcome miss president, welcome miss president.'' Hillary pun melempar senyum dan melambai mendengar terikan itu.

MCK plus-plus yang dikunjungi Hillary itu dibangun atas partisipasi USAID dengan bantuan Rp 360 juta. Fasilitas tersebut dilengkapi teknologi zero waste alias nol hasil limbah buangan. Sisa kotoran yang ditampung dalam tangki khusus dimanfaatkan sebagai biogas dan digunakan untuk keperluan memasak warga sekitar. Sedangkan air limbah yang sudah menjadi air biasa dibuang melalui saluran khusus ke sungai.

Hanya 20 menit Hillary di lokasi tersebut. Rencana untuk menyaksikan demo masak ibu-ibu setempat menggunakan biogas batal dilaksanakan. Padahal, peralatan kompor dan bahan untuk dimasak sudah siap. Beberapa pisang goreng dan tempe yang dimasak dengan gas kotoran tersebut juga tidak disentuh Hillary.

Saat menyeberangi Kali Krukut, puluhan siswa SMP 39 di lantai dua tampak melambai dan berteriak menyapa Hillary. Menyaksikan hal itu, Hillary menghentikan langkahnya di tengah jembatan dan membalas dengan lambaian tangan. Dia pergi meninggalkan lokasi tersebut setelah diantar Wali Kota Jakarta Pusat Sylvia Murni.

Pukul 13.30, Hillary menyudahi kunjungannya di Petojo dan langsung ke Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dia melanjutkan lawatannya ke negara Asia lainnya, yaitu Korea Selatan dan Tiongkok, menggunakan pesawat kenegaraan Boeing 757 US Air Force. (tom/zul/oki)


0 comments:

Recent Coment

Recent Post

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP