Wednesday, February 11, 2009

JEMBATAN SURAMADU JADI,BUS KOTA SAMPAI MADURA


sebentar lagi jembatan suramadu akan mencapai tahap finishing dan Warga Madura bakal punya banyak pilihan angkutan menuju kampung halaman, menyusul akan berakhirnya pembangunan jembatan Suramadu.

Saat ini, Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim sedang mengkaji penambahan trayek angkutan umum Surabaya-Madura lewat Suramadu.



Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim Hary Soegiri, Jumat (16/1), berharap penambahan trayek angkutan umum ke Madura sudah terlaksana sekitar Juli atau Agustus 2009.

Dari sejumlah angkutan umum, kata Hary, yang kemungkinan besar akan ditambah trayeknya hingga ke Madura adalah bus kota, bus ijo, dan trayek colt Bison. Bus kota yang sebelumnya hanya melayani rute dari terminal Bungurasih atau Osowilangun ke Jembatan Merah atau ke Tanjung Perak akan ditambah hingga Bangkalan.

Sedangkan trayek bus ijo yang awalnya hanya Mojokerto ke Surabaya (terminal Joyoboyo) juga akan ditambah sampai ke Bangkalan. Demikian juga dengan colt Bison yang sebelumnya hanya bertrayek Malang atau Sidoarjo ke Surabaya, juga akan diperpanjang hingga Bangkalan Madura.

“Selain karena pertimbangan efektifitas, perpanjangan trayek merupakan upaya memaksimalkan infrastruktur. Apalagi armadanya sudah ada dan ready,” tegas Hary.

Wajar kalau orang nomor satu di Dinas Perhubungan ini ingin memaksimalkan penggunaan infrastruktur jembatan Suramadu. Dengan begitu, investasi yang dikeluarkan diharapkan bisa kembali. Sebab, untuk membangun jembatan sepanjang 5,438 km, biaya yang dikeluarkan sangat besar, yakni Rp 4,5 triliun.
Saat ini, pembangunan jembatan terpanjang di Asia Tenggara yang dimulai Agustus 2003 lalu sudah mencapai 90 persen lebih.

Untuk itu, lanjut Hary, pihaknya terus menyurvei dan mengkaji rencana perpanjangan trayek angkutan umum dari Surabaya dan kota lainnya di Jatim ke Madura.

Bagaimana dengan sepeda motor? Ditanya demikian, Hary mengaku belum bisa memastikan. Karena sampai hari ini pihaknya masih mengkaji boleh tidaknya sepeda motor melewati Suramadu. “Mengenai sepeda motor, kami belum ada kesepakatan,” jelasnya.

Meski demikian, dengan telah dibangunnya lintasan motor di sisi kiri dan kanan jembatan Suramadu, sangat tidak menutup kemungkinan sepeda motor juga diperbolehkan lewat Suramadu. Karena penambahan lintasan sepeda motor juga berdasar usulan masyarakat Madura.


0 comments:

Recent Coment

Recent Post

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP